a d v e r t i s e m e n t

3 Cara Mudah Backup GMail

Anda punya akun GMail? Google telah menambahkan kapasitas penyimpanan email di GMail yang sebelumnya 7.5 GB, kini telah mencapai 10 GB bersamaan dengan rilisnya Google Drive. Dengan kapasitas sebesar itu, Anda mungkin sudah merasa cukup untuk menyimpan seluruh email, attachment dan contact di akun GMail Anda.

Tapi jika ternyata suatu saat akun GMail Anda full, bagaimana cara mem-backup email Anda? Berikut 3 cara mudah backup GMail Anda, termasuk dengan seluruh attachments yang pernah masuk di inbox Anda.

3 Cara Mudah Backup GMail

1. Desktop EMail Client Software.

Ada banyak software desktop email client, mulai dari yang berbayar hingga yang free. Contoh desktop email client software adalah Microsoft Outlook yang di bundle dengan MS Office yang masuk kategori berbayar, sementara yang cuma-cuma misalnya Mozilla Thunderbird.

Anda bisa menggunakan salah satu desktop email client software tersebut untuk mem-backup GMail. Caranya dengan mengaktifkan POP atau IMAP pada akun GMail Anda, untuk kemudian melakukan setting di desktop email client agar seluruh email yang terdapat di inbox GMail bisa di download.

Anda bisa mengikuti petunjuk yang Google sediakan di link ini untuk mengetahui cara mengaktifkan POP atau IMAP pada akun GMail Anda serta cara melakukan setting di software desktop email client pilihan Anda.

a d v e r t i s e m e n t
2. Outlook.com – TrueSwitch

Cara kedua untuk backup GMail adalah dengan men-transfer seluruh inbox Anda ke layanan email gratis milik Microsoft yaitu Outlook.com (dahulu Hotmail/Windows Live).  Kenapa harus di pindahkan ke Outlook.com? Karena layanan email baru (menggantikan Hotmail/Windows Live)  ini tidak membatasi kapasitas penyimpanannya. Proses transfer di mungkinkan dengan memanfaatkan layanan yang di sediakan oleh aplikasi web online yang disebut dengan TrueSwitch.

 

Isi form yang terdapat di TrueSwitch tersebut, termasuk layanan apa yang ingin Anda transfer ke Outlook.com (email, contact, calender etc), lalu klik pada tombol Copy to Outlook.com or Hotmail. Proses perpindahan dari GMail ke Outlook.com/Hotmailmembutuhkan waktu sekira 24 jam.

3. Backupify

Backupify adalah layanan web online yang memungkinkan Anda untuk melakukan backup GMail dan layanan Google lainnya seperti Picasa, Google Drive dll, termasuk juga bisa digunakan untuk mem-backup Facebook dan Twitter Anda.

Backupify saat ini tidak lagi gratis, namun Anda bisa mencoba mendaftar gratis di situs tersebut, untuk trial selama 15 hari. Proses backup akan dilakukan secara otomatis setiap hari dengan ruang penyimpanan bervariasi, disesuaikan dengan jenis layanan yang di pilih pengguna.

 

a d v e r t i s e m e n t
Kategori : Google Tools, Internet diterbitkan Senin, 29 Oktober, 2012 oleh

Komentar untuk : 3 Cara Mudah Backup GMail