a d v e r t i s e m e n t

3 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Ponsel Android

Ada saatnya Anda harus mengganti ponsel Android dengan yang baru, dengan fitur yang lebih baik. Saat itu, pilihan yang ada adalah menjual ponsel Android sebelumnya. Jika keputusan menjual ponsel Android sudah bulat, sebaiknya Anda mempertimbangkan data yang terdapat di dalam ponsel tersebut, seperti foto-foto, kontak, sms/mms dan data lainnya yang menjadi privasi Anda.

Berikut 3 hal penting yang harus dilakukan sebelum menjual ponsel Android Anda :

1. Backup data

Ada beberapa aplikasi Android yang berguna untuk melakukan backup data. Beberapa diantaranya adalah Titanium Backup, Go Backup Pro dan MyBackup.  Dengan aplikasi backup data tersebut, Anda juga dimudahkan saat melakukan Restore ke ponsel Android yang baru nantinya. Dengan menggunakan aplikasi Android yang sama saat melakukan backup data, maka restore data akan lebih mudah.

2. Simpan SIM Card dan Kartu Memori

a d v e r t i s e m e n t

SIM Card tentu saja harus Anda simpan, karena nomor ponsel Anda ada di kartu tersebut, selain kartu tersebut juga menyimpan kontak teman, kolega atau saudara atau nomor telepon penting lainnya. Selain SIM Card, Anda juga harus menyimpan kartu memori ponsel Android sebelum menjualnya.

Tapi jika Anda tidak menginginkan  kartu memori tersebut, Anda harus menghapus semua data yang ada didalamnya. Pastikan Anda sudah melakukan langkah yang pertama, backup data. Untuk menghapus data yang terdapat di kartu memori, Anda bisa ke menu Settings, lalu ke sub menu Storage, pilih Erase SD Card.

3. Reset Data 

Langkah ke tiga sebelum menjual ponsel Android Anda adalah melakukan Reset Data. Hal ini diperlukan agar ponsel Android yang hendak dijual tersebut kembali ke settingan awal saat Anda baru membelinya, sekaligus membersihkan data yang terdapat dalam internal memory.  Cara melakukan reset data adalah dengan melakukan Factory data reset yang terdapat di menu Settings –> Backup & reset.

Sebagai catatan, gambar diatas menggunakan Android 4.0 ICS yang mungkin berbeda dengan ponsel Android yang Anda gunakan.

a d v e r t i s e m e n t
Kategori : Android, Gadget, Tips diterbitkan Senin, 26 November, 2012 oleh