a d v e r t i s e m e n t

Brainly, Cari Jawaban PR-mu Secara Online

Belakangan ini, saya sering kali melihat sebuah iklan di internet yang mengarah ke  situs Brainly.co.id. Selidik punya selidik, ternyata Brainly adalah sebuah layanan jejaring  sosial yang khusus  digunakan untuk belajar, menjawab pertanyaan seputar tugas sekolah atau PR. Tagline mereka adalah ‘Jaringan Pembelajaran Sosial’. Nama Brainly sendiri merupakan brand internasional yang berdiri sejak 2009 di Polandia. Sebelum masuk Indonesia, start up ini telah telah tersedia di beberapa negara Eropa, Amerika Selatan dan Asia.

Brainly, Cari Jawaban PR-mu Secara Online

Brainly, Tempat Bertanya, Solusi PR Secara Online

Brainly bisa jadi solusi buat kamu yang ‘mentok’ atau kesulitan saat meyelesaikan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah. Dengan kehadiran Brainly ini, kamu bisa menyelesaikan PR sekolah dengan mudah, cukup bertanya ke teman yang sedang online di sana, dijamin, tidak sampai sepuluh menit, PR kamu sudah mendapat jawaban. Semua tingkatan pendidikan tersedia di situs tersebut,  baik tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Untuk bisa menggunakan layanan yang tersedia di Brainly, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Semakin banyak pengguna lain yang sedang online, maka semakin cepat jawaban yang bisa didapat.  Mata pelajaran yang tersedia juga lengkap, saat ini tercatat ada 19 mata pelajaran, misalnya Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, Ilmu Sosial, dan PPKn. Brainly versi Indonesia juga tersedia untuk platform Android  dan iOS.

a d v e r t i s e m e n t

Untuk memberi semangat kepada pengguna yang sering menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya, Brainly memberi poin dengan nilai bervariasi tergantung dari pertanyaannya. Nah, semakin banyak poin yang diperoleh, maka Brainly secara otomatis akan menampilkan daftar pengguna dengan perolehan poin terbanyak.  Daftar tersebut di beri nama Pengguna Tercerdas, dan bisa di lihat di halaman utama Brainly.co.id.

Brainly, Bentuk Baru ‘Kelompok Belajar’

Kehadiran Brainly sebagai situs jejaring sosial pendidikan di Indonesia sangat baik, terlebih lagi, seluruh kontennya telah di sesuaikan dengan pengguna lokal. Ini bisa memacu semangat belajar sekaligus menemukan teman baru sebagai solusi untuk menyelesaikan tugas sekolah yang kadang-kadang menumpuk. Platform pembelajaran sosial secara online ini, bisa jadi bentuk baru dari kegiatan yang dulu kita sebut sebagai kelompok belajar. Namun platform ini mampu menjangkau orang lebih banyak lagi, karena siapa pun yang terhubung dengan internet, baik yang menggunakan komputer/laptop maupun smartphone bisa menggunakan layanan dari situs pembelajaran tersebut.

Brainly Bikin Siswa Jadi Malas?

Kehadiran situs pendidikan semacam ini bukan tanpa cela. Di satu sisi, pengguna bisa menemukan solusi atas tugas sekolahnya, di sisi lain, dikhawatirkan, siswa jadi bergantung dengan layanan ini, karena dengan cukup bertanya maka akan jawaban akan cepat di peroleh. Ketergantungan tersebut bisa jadi membuat sisawa jadi malas menggunakan kemampuannya sendiri untuk menyelesaiakan PR atau tugas sekolah secara mandiri.

Jika kamu adalah pelajar sekolah, butuh solusi atas PR atau tugas sekolah, atau merasa pintar di salah satu mata pelajaran sekolah, silakan bergabung dengan jejaring sosial pembelajaran Brainly.

a d v e r t i s e m e n t
Kategori : E Learning diterbitkan Selasa, 5 Agustus, 2014 oleh