a d v e r t i s e m e n t

Hati-hati, “Pattern Lock” Android Ternyata Gampang Ditebak

Pengunci layar Android, selain menggunakan nomor PIN serta scan jari tangan, juga tersedia pengaman dengan pola atau “pattern lock” (Android Lock Pattern/ ALP). Pattern lock ini ternyata mudah ditebak.

TeknoBagus.com – Android Lock Pattern/ ALP  atau biasa disebut dengan pattern lock merupakan salah satu pengaman yang tersedia pada smartphone Android. Pengguna membuat pola tertentu untuk bisa masuk dan mengoperasikan ponsel tersebut. Pola  pengaman dibuat sesuai keinginan pengguna dengan menghubungkan 9 lingkaran yang ada.

pattern lock android

a d v e r t i s e m e n t

 

Ternyata metode pattern lock ini rentan dan mudah ditebak. Demikian penjelasan singkat dari hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Marte Loge dari Norwegian University of Science and Technology.

Marte mengumpulkan sample pola penguncian yang dibuat oleh sekitar 4000 pengguna. Marte mengumpulkan pola ini sebagai bagian dari risetnya untuk menulis tesis.

Hasilnya, ternyata pola-pola yang dibuat sebagian besar mirip satu sama lain. Bahkan 77% diantaranya, pola yang dibuat selalu dari salah satu pojokan. Sementara 44% dari seluruh sample yang ada, pola yang dibuat selalu diawali dari pojok kiri atas.

Tidak sedikit yang membuat pola dengan bentuk huruf yang mudah ditebak seperti huruf N atau O seperti contoh gambar diatas.

Menurut Marte, pola pengaman yang dibuat sebaiknya menghubungkan 9 titik yang ada di layar. Kombinasi yang mungkin 9 titik tersebut mencapai 389.112 sehingga menyulitkan untuk ditebak. Namun jika pengguna hanya menghubungkan 4 titik saja, maka kombinasi yang mungkin hanya 1.624 buah, sehingga mudah ditebak. [via Kompas]

 

a d v e r t i s e m e n t
Kategori : Android diterbitkan Senin, 24 Agustus, 2015 oleh