a d v e r t i s e m e n t

Tips Menghemat Baterai Android 4.4 KitKat

Keluhan pengguna smartphone pada kekuatan baterai sudah jamak terjadi. Kehadiran teknologi terbaru pada smartphone yang baru rilis, dibarengi juga dengan fitur dan aplikasi yang menguras daya tahan baterai. Kebanyakan dari para pengguna memilih powerbank sebagai penambah usia baterai.

Increase-Battery-Life-on-Android-4.4-KitKat

Kehadiran Android 4.4 KitKat terbaru juga diyakini pengguna akan menguras kekuatan baterai di ponsel Android keluaran terbaru nantinya. Namun ada tips yang mudah diikuti bagi pengguna Android 4.4 KitKat jika ingin menghemat penggunaan baterainya. Dengan melakukan sedikit perubahan setting pada smartphone pengguna, maka masa hidup baterai bisa bertambah panjang.

Sharon Vaknin dari Cnet memberikan 3 tips sekaligus untuk menghemat penggunaan baterai pada ponsel Android 4.4 KitKat terbaru.

Tips Menghemat Baterai Android 4.4 KitKat

1. Gunakan Android Battery Tool

Anda tidak perlu menginstall aplikasi lain di Google Play untuk mengecek status baterai pada ponsel. Cukup gunakan Android Battery Tool yang tersedia secara default di Android KitKat untuk mengetahui aplikasi apa yang memakan banyak daya baterai pada ponsel Anda, dan bisa dengan segera menutup aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan Android Battery Tool, lihat di menu Notifications, lalu Quick Settings and tap pada icon baterai. Disitu Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang banyak menguras kekuatan baterai ponsel Android Anda.

a d v e r t i s e m e n t

2. Matikan aplikasi Google Now

Android 4.4 KitKat hadir dengan aplikasi Google Now terbaru, dimana Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut dari sisi layar mana saja pada ponsel pintar Anda.  Pengguna Android KitKat cukup mengucapkan “OK Google”  dan diikuti kata kunci untuk melakukan pencarian. Aplikasi yang sangat memudahkan pengguna karena tidak perlu mengetik apapun ini, diyakini menguras daya baterai secara berlebihan.

Solusinya, matikan aplikasi Google Now dari menu Settings –> Voice lalu disable Hotword Detection.

3. Aktifkan Battery Saving pada mode GPS

Kinerja GPS pada ponsel Android selalu menghabiskan daya baterai saat Anda menggunakan Google Maps atau aplikasi GPS lainnya. Jika Anda sering memanfaatkan fasilitas GPS pada ponsel Android, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur Battery Saving.  Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa menemukannya di Settings lalu Location Mode dan aktifkan pilihan Battery Saving.

Silahkan lihat video di bawah ini :

Ada banyak tips lainnya untuk menghemat kinerja baterai pada ponsel Android, misalnya mengurangi kecerahan cahaya layar ponsel, mematikan wifi dan bluetooth jika memang tidak digunakan, mematikan fitur GPS dan lain sebagainya.

a d v e r t i s e m e n t
Kategori : Android, Apps diterbitkan Sabtu, 9 November, 2013 oleh